Joni Kroco : Rahasia Gerbang Dimensi Keempat Chapter 7

0
519

Yang sedang ngeroko di ruang tengah ini namanya Ipul alias H. Saipul Mualim alias codet. Ipul ini bokap tiri gw gan. Ipul ini juragan kaen cocok sama emak gw yang penjahit. Kata emak, Ipul dulunya orangnya baek, suka nyantunin fakir miskin dan nolongin janda terlantar. Makanya emak mau aja dimadu sama Ipul waktu babe kandung gw yang tentara gugur dalam tugas di Timor Timur…

emak pernah bilang dia terpaksa dimadu sama Tokoh Masyarakat kaya Ipul, demi bisa ngelindungin gw… tapi ngelindungin gw dari apa gw gak ngerti… tapi yang jelas gw bener-bener benci sama yang namanya bokap tiri gw…

gw masih inget…. dulu waktu SD gw nabung lama cuma buat beli majalah animonster yang dapet bonus poster cardcaptor sakura… gw seneng banget gan akhirnya gw bisa tidur ditemenin sama waifu idaman gw sakura chan… tapi begitu Ipul ngelihat poster ntu… doi langsung ngamuk… poster gw dirobek… gw digamparnya berkali-kali….

kalau dikate det note itu beneran ada gan… bakalan gw tulis namanya Ipul di det note… tapi gw gak mau dia langsung mati gan…. gw bikin dia mati keselek choki choki…

dan sekarang ujug-ujug dia nongol waktu gw nengokin emak gw… padahal selama ini dia lebih seringnya tinggal di rumah gedong bareng istri tuanya….

Joni… Joni… panjang umur banget elu Jon…. wakakakaka! Sini jon! Duduk samping gw!

gw kira bakalan digampar waktu Ipul ngelihat batang hidung gw… adanya doi langsung ketawa kebahak-bahak…

Ipul ngelemparin Koran Lampu Merah di muka gw…

Di halaman depan Koran Lampu Merah udah ada berita gede  seorang wanita ditemukan tiduran di kebon karet… kagak berbeha… kagak bercelana dalem… kagak berkepala….

baru kali ini gue bangga jadi babe lu jon…  kata Ipul sambil ngancungin dua jempol ke gw  gini dong jadi cowok! Jangan cuma nonton drama korea mulu kerjaan lu hahahahahahaha!

Bangsat itu tahu!

entah siapa yang ngebocorin…

emak lu udah tahu anaknya masuk koran? dia bilang apa tong ?  kata Ipul senyum tapi benernya ngancem

Ipul ngelirik ke arah dapur. Emak gw gak kelihatan dari ambang pintu.

diem lu, Pul …  gw bales mendelik…

Ipul cuma ngakak puas…. jawara berkumis tebal itu nyalain rokok kreteknya… disodorinnya sebatang ke gw…. gw ngegeleng tegas…

tapi ada yang bikin gue kecewa… ngapain lu gabung sama geng cina ? kagak nasioalis banget lu tong! dasar wibu!  dijitaknya pala gue  mending lu gabung sama kita! Pemilu taon depan, kalau jago kita yang naik tahta, bakal kita bikin mampus tuh orang-orang cina, hahahaha!

Gw pernah bilang kalau Ipul ini pentolan organisasi preman berkedok ormas. Ormas Ipul dan ratusan ormas lain di Jabodetabek + Banten bergabung dalam aliansi bernama GAMPAR (Garda Kampak Revolusi) yang ngedukung koalisi oposisi di senayan…

Sementara ZODIARC itu meski berkedok geng motor tapi sebenernya sayap militernya TARTAROS, perusahaan gede punya nyokapnya Sheila (Red Queen) yang ngedukung partai pemerintah… udah bukan rahasia lagi, setelah reformasi dan jatuhnya Sang Jenderal Besar, desentralisasi pemerintahan diikuti pula dengan desentralisasi di dalam dunia bawah…. kelompok-kelompok kaya gini saling ngerebutin pengaruh di dunia hitam Jakarta…

geng motor elu tuh geng borjuis… gengnya orang-orang gedongan…. mending elu gabung sama GAMPAR… pembela wong cilik…

wong cilik apa wong licik Pul?  sindir gw

Mata Ipul langsung melotot kaya mau mencolot ke atas meja

udah berani nyolot lut Jon?! kata Ipul siap-siap ngegampar gw.  sekali lagi lu nyolot, gw laporin ke emak lu kalo elu ikutan geng motor…

Emak gw datang dari dapur, bawa nampan isi kopi item sama pisang goreng yang baru digoreng… Ipul senyum puas…. tahu gw gak bakal berani ngapa-ngapain kalau ada emak gw….

tumben ngobrol-ngobrol ?  kata emak gw polos duduk disebelahnya Ipul

Kita ngobrol betiga, basa basi doang…

yakin lu kagak mau terima tawaran gw tong? tanya Ipul

tawaran apa bang?  tanya emak gw penasaran

kerja di toko kain gw lel… daripada dia kerja serabutan gini…

Ipul bohong.

Jon udah ada kerjaan be…  jawab gw

oh ya? DI MANA tong?  Ipul senyum licik

di bengkel be  jawab gw

OH… bengkel apa BEGAL tong hahaha!

Emak gw mulai cemas kita bedua saling sindir gini.

udahlah Jon… elu gabung sama babe…  bujuk Ipul

NGGAK!  jawab gw tegas

yakin lu Jon ?

Ipul ngelingkarin tangannya di pinggang emak gw, sambil bibirnya yang bekumis tebel curi-curi nyium pipi emak…

bang… apaan sih…  emak langsung menggeliat risih…

Ipul ngelirik licik ke arah gue… bangsat…. berani-beraninya orang itu jadiin emak gw sebagai sandera….

gw sayang aja, lel…. BAKAT kaya Joni itu gak dimanfaatin…  katanya lagi sambil ngelirik ke arah koran lampu merah  gimana yakin elu gak mau gabung sama babe, Jon ? wakakaka…

Sekarang tangannya mulai ngegerepe toket emak gw… emak gw langsung tekejut, berusaha nepis tangannya… tapi si Ipul malah nekat ngeremes-remes toketnya yang masih ketutup gamis di depan mata gw…  jangan bang… di sini ada Joni… suara emak gw udah nahan nangis…

gimana jon?

Senyum puas Ipul ngegerepe toket mak gw di depan mata gw sambil satu tangannya bergerak ngegerepe memiaw emak gw dari balik gamisnya… emak gw cuma bisa nangis dipermaluin di depan anaknya sendiri…

bangsat lu pul!  jerit gw tertahan…

Sekali lagi… kadar adrenalin yang udah ampe ubun-ubun bikin gw bisa ngelihat setiap detil di ruangan ini….

Pot bunga di atas meja adalah senjata yang paling deket yang bisa dipake ngegepruk kepalannya Ipul. Gw ngelirik ke kanan, di tembok digantung golok keramatnya Ipul yang biasa dipakenya ngebacok orang, tapi kali ini bakal gw pake ngebacok lehernya waktu dia masih kesakitan habis gw kepruk pake pot bunga…

Ipul langsung melotot gw lihatin kaya gitu… Gw udah mikir Ipul bakalan kalap terus ngelabarak gue… tapi dia malah geleng-geleng sambil melongo….

tatapan mata elu tong… merinding gue… ternyata bener, naga emang kagak bakal beranak kambing… elu emang bener darah dagingnya Sahal Sang Penjagal…

bang !  emak gw langsung protes

udah lah jon… gak usah munafik… elu terima tawaran gw tadi… gw bikin lu lebih tinggi dari jawara… gw ajarin lu jadi DEWA MAUT! bayangin apa yang kita bedua bisa lakuin Jon…. Jakarta bisa kita kuasain berdua!

babe gw pahlawan Pul… jangan samain sama preman pasar kaya elu!  samber gw gak terima

buahkakakakakak!  Ipul ketawa kebahak-bahak sampai perutnya geter-geter.  Joni… Joni… elu polos banget jadi orang tong…. jadi selama ini Laila belum cerita sama sekali ? kasihan gw sama elu….

Emak gw langsung nunduk…

sekali lagi elu ngomong jelek tentang babe gw, Pul…  gw ngelirik golok keramat gede di tembok, siap-siap ngebacok mulutnya…

elu mau ngebacok gw, jon…? puluhan taon gw jadi jawara gw udah kagak takut sama yang namanya Malaikat Izroil… Ipul nantang gw balik  tapi bayangin perasaan emak lu… kalau anak kesayangannya yang didoain di tiap tahajudnya tiap malem, ngikutin jejak babe kandungnya jadi tukang jagal….

Emak gw cuma bisa ngeremes ujung jilbabnya sambil nangis…

Jon… dari dulu gw keras sama elu bukan karena gw gak sayang sama elu… tapi karena gw tahu elu itu bukan orang biasa…. dunia luar itu keras tong… yang kuat makan yang lemah… gw cuma bisa gak terima kalau bakat segede elu cuma dijadiin anak cemen sama nyokap elu… karena gw tahu elu itu beda… elu itu emang darah dagingnya Sahal Sang Penjagal!

jangan bang….  cegah emak gw

biar Lel! Biar anak ini tahu siapa dia sebenernye! Biar dia kagak kufur sama darah dewa yang ngalir di nadinya!

Jangan bang…. Abang udah janji ke Laila!  emak langsung ngedeprok di bawah kakinya Ipul…. mohon-mohon ke Ipul biar orang itu nggak melanjutkan kata-katanya… tapi dengan santainya Ipul tetep ngebacot…

babe kandung elu, jon… dijulukin Sahal Sang Penjagal… atau Al Maut… Dewa Kematian… jagal terbaiknya ABRI!

Emak gw langsung nangis ngedengernya

baaaang! Laila mohon… Jangan libatin Joni bang…. jangan libatin Joni….  emak gw nangis-nangis di kakinya Ipul…

…..kepala serikat buruh yang ngelawan pemerintah orde baru… mahasiswa yang koar-koar nuntut reformasi… antek-antek Fretilin… bahkan pasukan khusus rusia… gak ada yang pernah gagal dibikin mati sama babe kandung elu…

udah bang…. jangan…  emak gw mohon mohon ampe nyiumin kakinya Ipul

dan bukan itu aja rahasia yang disimpen sama emak lu Jon…

bang… jangan…

jon… elu itu….

Laila mohon… jangan yang itu bang… hina Laila bang… hina Laila… tapi jangan yang itu….  Mak gw mulai terisak-isak mohon-mohon ke Ipul… namun dengan santainya orang itu mainin kepala emak gw yang masih ketutupan kerudung pakai kakinya yang kotor sambil ketawa-ketawa…

kepala gw berasa enteng… seluruh badan gw kaya gerak dengan sendirinya… waktu gw sadar, Jawara yang tenar udah ngematiin puluhan orang itu udah ngegeletak klejet-kejet di semen bersama dengan pecahan pot dan tanah yang berserakan…

ANAK KUALON NGGAK TAHU TERIMA KASIH! GUE MATIIIIN LU! BIAR ELU NYUSUL BABE LU KE NERAKA!jerit Ipul kesakitan sambil megangin kepalanya yang habis dihajar pot bunga…

Golok keramat gede di tembok langsung gue samber. Siap-siap ngirim Ipul ke pintu Malik…

JON!  Emak langsung megangin gw….  demi emak! Istighfar Nak… istighfar!

Lepasin Joni, Mak! Biar sekali ini Jon bikin mampus ni bangsat! jerit gw kalap siap-siap ngebacokin golok keramat ke kepalanya Ipul yang berdarah habis kena pot bunga. Tapi Ipul keburu bangun meski sempoyongan. Gelar Jawara tanpa tanding ternyata bukan cuma isapan jempol. Orang itu langsung nyamber pedang samurai panjang di kamarnya….

Gak mau ngelibatin emak, gw segera menjauh ke arah dapur. Giliran emak gw yang sekarang mati-matian megangin Ipul yang kalap mau ngebacok gw….

istighfar bang…istighar! tangis emak gw megangin ipul sekuat tenaga

MINGGIR LEL! BIAR GW MATIIN TUH ANAK! jerit Ipul terus ngegampar emak sampe jatuh dan kepalanya ngebentur meja… emak gw tersungkur… gak bergerak lagi…

ada suatu tombol yang terpicu di alam bawah sadar gw ngelihat emak gw digituin… yang jelas, gw sekarang ngerasa seluruh dunia seperti diputar dalam gerak lambat… ditambah lagi, sekarang gw bisa ngelihat dengan jelas setiap detil benda yang ada di dapur: panci berisi sayur lodeh yang mendidih…. jerigen berisi minyak tanah… korek api…. juga setiap gerakan Ipul yang lari kalap sambil ngacungin pedang samurai ke gue… semua dalam gerak slow motion macam film the matrix….

gw gak ngerti… emang seluruh dunia yang bergerak dalam gerakan lambat… atau otak gw yang emang sedang bekerja ribuan kali lebih cepat saat ini… sampe akhirnya detik benar-benar berhenti total… dan yang tersisa cuma kesadaran gw yang ditarik masuk ke dalam ruang empat dimensi di dalam otak gw…

dimensi keempat… nama itu tahu-tahu aja nongol di otak gw… di tempat itu yang ada cuma warna putih sejauh mata memandang… tanah… langit… bahkan cakrawala semua berwarna putih… satu-satunya benda yang ada di tempat itu adalah pintu gerbang gede warna merah darah bergambar angka romawi XII di depan gw yang ngebuka dengan sendirinya….

di dalem gerbang sudah menunggu Iblis Kambing raksasa…

dia sujud ke arah gw….

terima takdirmu, Sang Mandala 12 Rasi Bintang…

kami semua sudah menantimu…

selamat menjadi…

… XII

GUE PENGGAL KEPALA LU JON! jerit Ipul kalap begitu aliran waktu kembali normal…

tapi gw udah kadung berserk. seperti gerak dengan sendirinya, baru satu langkah Ipul ngelangkahin kaki ke dalam dapur, sayur lodeh mendidih langsung gw siramin ke mukanya…

BANGSAAAAT! MATA GUE! MATA GUE! Ipul jerit kesakitan sambil ngayunin pedang samurai kesana kesini dengan histeris… refleks, gw mundur 3 langkah… gelas-gelas di rak piring yang jadi korban… pecah berhamburan….

dari mata gw… gerakan Ipul kelihatan kaya gerak lambat… gak susah buat gw ngehindarin sabetan pedang samurainya yang gak terarah… dan bales nyabetin golok keramat ke arah Ipul… Jawara yang udah kebiasa berantem itu masih bisa mengelak serangan gw… tapi sabetan gw udah kadung masuk…

MAKAN NIH GOLOK!  jerit gw ngebacokin golok sekuat tenaga….

CROT!

jari-jarinya Ipul langsung kepotong tiga…. samurainya jatuh ke lantai bersama ceceran darah dan potongan jarinya…

AAAARGH! TANGAN GUE! jerit ipul megangin tangannya yang udah buntung 3 jarinya….

Secepat kilat gw tendang samurainya menjauh…

INI BUAT EMAK GUE! BRUAAAK! gw tendang kontolnya Ipul yang masih jerit-jerit kesakitan… orang itu langsung tersungkur di bawah, megangin selangkangannya yang remuk….

YANG INI BUAT POSTER CARDCAPTOR SAKURA GUE!  golok keramat sudah terangkat… siap-siap misahin kepalanya Ipul dari badan….

JONI! JANGAN JOOOON! jeritan emak gw bikin aliran waktu jadi normal kembali…

sambil sempoyongan emak gw megangin kepalanya yang berdarah… di luar tetangga-tetangga udah pada berkerumun… termasuk 3 orang anak buahnya Ipul yang langsung nyerbu ke dalam rumah….

ANJING! BOS GUE ELU APAIN NJIIIIING! jerit mereka sambil masing-masing ngacungin golok…

Ngerasa kalah jumlah, gw langsung nyamber jerigen minyak tanah dan ngilang di halaman belakang… 3 orang preman pasar nyusul gw ke tempat penjagalan yang udah gw siapin buat mereka…. dari balik sudut buta langsung gw siramin seisi jerigen ke arah mereka… dua orang sempet menghindar tapi satu orang udah keburu basah kuyup sama bahan bakar kompor itu…

KAMPRET! MAU APA LU! jeritnya panik.

gw titip salam buat malaikat Malik…  kata gw terus nyalain korek.

Kayanya hari ini Izroil harus kerja ekstra….

Gw gak inget apa-apa lagi… tahu-tahu aja gw udah lari nyusurin gang-gang sempit di bantaran sungai… ngelompatin jemuran dan wc umum macam atlit parkour…. gw lari… lari dan lari… sampai akhirnya kehabisan tenaga dan di belakang gw gak kelihatan satupun pengejar….

akal sehat gw berangsur pulih bersama dengan nafas gue yang ngos-ngosan hampir putus… setelah ngumpulin sisa-sisa kewarasan gw, barulah gw keinget sesuatu yang maha penting…

sendal gw ketinggalan…

sendal swallow, baru beli…